Laman

Aokigahara, Hutan Bunuh Diri di Kaki Gunung Fuji

Aokigahara, Hutan Bunuh Diri di Kaki Gunung Fuji (behance.net)


Gunung Fujiyama juga terkenal dengan salah satu hutannya, yaitu Aokigahara atau hutan bunuh diri. Penamaan hutan seperti ini disebabkan setiap tahunnya ada orang yang melakukan bunuh diri di hutan ini. Meski masih misteri, jumlah korban bunuh diri mencapai ratusan orang. 

Memang, tidak ada yang tahu apa alasan orang-orang tersebut melakukan bunuh diri di hutan Aokigahara ini. Ada dugaan bahwa perilaku bunuh diri di hutan ini terinspirasi dari sebuah novel berjudul Nami no To (Tower of Waves) yang ditulis oleh Seicho Matsumoto pada tahun 1960. Dalam novel itu diceritakan sepasang kekasih melakukan bunuh diri bersama di hutan Aokigahara. Meskipun ternyata bunuh diri sudah ada di hutan ini jauh sebelum novel Tower of Waves dirilis.

Begitu terkenalnya tempat itu sebagai ajang bunuh diri sampai-sampai pihak berwenang memasang papan peringatan di jalur jalan umum berisi sebuah pesan asosiasi upaya pencegahan bunuh diri. Selain itu, kamera pengawas ditempatkan di pintu masuk. Bahkan beberapa polisi juga ditempatkan di kawasan ini. (Jng/RA)

Berikut film dokumenter yang dibuat seorang geologist Jepang, Ayuza Hayano, tentang Aokigahara.
SalamHaji.com