Laman

Wisata ke Burj Khalifa, Dubai

Burj Khalifa, Dubai (www.hdwallpapers.in)
Burj Khalifa adalah nama sebuah gedung pencakar langit di kota Dubai. Bagi wisatawan, nama kota Dubai tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Dubai adalah nama sebuah kota di Uni Emirat Arab, yang terkenal dengan keindahan tata kotanya. Kota ini memang dibangun dengan tujuan menjadi salah satu destinasi wisata dunia yang menarik. Bagi sahabat yang ingin umrah plus wisata ke Dubai, jangan lupa untuk berkunjung ke Burj Khalifa ini.  
Bentuk bangunan Burj Khalifa dibuat meruncing pada bagian atapnya. Gedung ini diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010. Burj Khalifa adalah gedung pencakar langit tertinggi di dunia yang ketinggiannya mencapai 828 m. Begitu tingginya hingga Burj Khalifa bisa menembus awan kabut yang menyelimuti kota Dubai. Sementara itu, Burj Khalifa sendiri dapat dilihat dari jarak hingga lebih dari 95 kilometer. 
Burj khalifa yang berarti "Menara Khalifa" merupakan gedung tertinggi di dunia dengan ketinggian 829,84 meter (2.723 kaki). Tinggi tersebut bisa disamakan dengan tujuh kali tinggi monas. Berlokasi di Dubai, Uni Emirat Arab, pembangunan gedung ini memakan waktu enam tahun yang dimulai pada 21 September 2004 dan diresmikan pada 4 Januari 2010. Proses pembangunannya sendiri menjadi perhatian dunia karena rekor-rekor ketinggian yang dibuatnya. Dana sebesar US$ 1,5 miliar (sekitar Rp 15 triliun) dihabiskan untuk membangun gedung spektakuler ini. Dengan jumlah lantai sebanyak 160 lantai, Burj Khalifa dinobatkan sebagai gedung dengan jumlah lantai terbanyak di dunia. 
Pembangunan Burj Khalifa melibatkan 380 insinyur teknis yang terampil. Di dalam Burj Khalifa terdapat seribu apartemen, lebih dari seratus restoran, hotel dengan seratusan kamar yang dirancang sendiri oleh Giorgio Armani, berlantai-lantai fitness center, lebih dari seribu toko, dan 3.000 tempat parkir. Selain itu, terdapat lobi yang menawarkan berbagai macam fasilitas, misalnya di tingkat 43 ada spa, sedangkan di lantai 76 dan 123 terdapat kolam renang berukuran standar nasional dan ruang pertemuan.
Pemandangan dari atas Burj Khalifa (onebigphoto.com)
Di bagian atas menara Burj Khalifa terdapat ruang klub pribadi yang dibangun dari instalasi alumunium dan kaca pada ketinggian 512 meter. Berat alumunium setara dengan lima pesawat A380 dan total panjang baja stainles benteng 293 kali tinggi Menara Eiffel. Burj Khalifa bahkan memiliki teropong tertinggi di dunia yang berada di lantai 124 pada ketinggian 442 meter plus layar digital untuk melihat pemandangan kota Dubai. Lampu yang dibutuhkan Burj Khalifa setara dengan 360.000 bohlam yang masing-masingnya berdaya 100 Watt. 

Di lantai dasar gedung yang sebelumnya akan dinamai Burj Dubai ini terdapat downtown, kota di lantai bawah. Di downtown, sahabat wisata muslim bisa berbelanja di supermarket terbesar di dunia, The Dubai Mall. Luasnya 1 juta meter persegi, kira-kira setara dengan 50 kali kompleks perbelanjaan mewah Senayan City. Ada 1.200 toko di sini, termasuk 70 butik rumah mode internasional. Jadi, bila Anda meluangkan waktu satu menit saja untuk mengunjungi semua toko di sini, Anda baru selesai mampir di toko terakhir 20 jam kemudian.

Jika ingin suasana pasar tradisional Arab, sahabat wisata muslim dapat keluar dari mal. Ada Souk al-Bahar yang memiliki 100 toko dan 22 restoran. Ada juga Gold Souk, pasar emas dengan 220 gerai.

Dulu, menara ini bernama Burj of Dubai, yang kemudian direnovasi oleh Sheik Khalifa bin Zayed Al Nahayan. Desainer Giorgio Armani dipercaya sebagai tim disainnya. Biaya yang dihabiskan dalam pembangunan Menara Khalifa ini sekitar 15 trilyun rupiah. Burj Khalifa diresmikan pada tanggal 4 Januari 2010. Salah satu fitur terhebat dari Burj of Khalifa adalah fitur lift angkutnya. Burj of Khalifa memiliki lift dengan kecepatan 60 km/jam. Dengan kecepatan  itu, dibutuhkan waktu 50 detik saat meluncur dari bawah ke atas.

Kemegahan dan kehebatan gedung Burj Khalifa  ternyata mengundang perhatian penulis skenario dan sutradara film "Mission Impossible—Ghost Protocol". Kekaguman dan kedahsyatan Burj Khalifa diselipkan dalm adegan Tom Cruise yang berakrobatik dan beraksi melompati gedung Burj Khalifa, tanpa pemeran pengganti! Bayangkan, dari ketinggian 828 meter ia harus melakukan adegan jungkir balik di dinding gedung jangkung tersebut. Beruntung aksi teatrikal itu berhasil dan lancar.

Selain Tom Cruise yang menjajal ketinggian gedung Burj Khalifa, ada juga manusia-manusia petualang yang ingin mencoba "ketinggian" Burj Khalifa. Dia adalah manusia "Spiderman" asal Perancis. Pemanjat tebing fenomenal ini bernama Alain Robert berusia 48 tahun. Pendaki gedung ini nekad mencoba dan menantang ketinggian Burj Khalifa. Selama enam jam, Alain Robert menyusuri dinding gedung tersebut. Hasilnya, dia mampu membuktikan kehebatannya memanjat Burj Khalifa. Sebuah petualangan yang memancing hormon adrenalin.

Nah, sahabat wisata muslim, demikian artikel Wisata ke Burj Khalifa, Dubai. Bagi sahabat yang ingin berwisata atau melakukan umrah plus wisata ke Dubai bisa menggunakan paket yang telah disediakan CheriaTour & Travel. Dengan paket wisata muslim dan umrah plus Dubai dari Cheria Tour & Travel, ibadah menjadi tenang, wisata pun lebih nyaman. (Ndr/RA)
SalamHaji.com