Laman

Wisata ke Menara Eiffel, Gadis Besi dari Paris


http://tourwisatamania.blogspot.com/2013/02/menara-eiffel-gadis-besi-dari-paris.html
Menara Eiffel (www.hdwallpapersinn.com)
Menara Eiffel adalah salah satu obyek wisata terkenal di Paris, Perancis. Bagi sahabat wisata muslim yang ingin menikmati pemandangan cantik kota Paris dari ketinggian, sebaiknya berkunjunglah ke Menara Eiffel. Ya, inilah Menara Eiffel,  menara kebanggaan Perancis berupa sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine, Paris.


Menarabesi Eiffel terkenal di seantero jagad sebagai salah satu ikon romantisme dunia, yang bisa dilihat dari sudut manapun di kota Paris, Perancis. Saat perayaan pergantian tahun, menara ini biasa dimeriahkan dengan permainan lampu-lampu. Menara Eiffel menjadi  bangunan yang terindah dan termahal di kawasan Eropa. Setidaknya, sekitar 7,1 juta orang telah mengunjungi dan memadati tempat ini.

Sejarah pembangunan Menara Eiffel


Alexandre Gustave Eiffel (en.wikipedia.org)
Menara  Eiffel dibangun antara tahun 1887 dan 1889 sebagai pintu masuk Exposition Universelle, Pameran Dunia yang merayakan seabad Revolusi Perancis. Nama Menara Eiffel sendiri diambil dari nama perancangnya, Alexandre Gustave Eiffel. 

Sebenarnya, Eiffel berencana membangun menara di Barcelona untuk Pameran Universal 1888. Namun, pihak yang bertanggung jawab di balai kota Barcelona menganggap bentuk menara ini aneh, mahal, dan tidak cocok dengan karakter kota tersebut. Setelah penolakan Barcelona, Eiffel pun mengirimkan draftnya kepada pihak yang bertanggung jawab untuk Pameran Universal di Paris. Di sini, ia mendapat dukungan dan memulai pembangunan menaranya setahun kemudian, yaitu pada tahun 1889.  

Menara Eiffel diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889 dan dibuka tanggal 6 Mei 1889. Dalam pembangunannya, tak kurang dari tiga ratus pekerja menggabungkan bersama 18.083 bagian besi benam (bentuk murni dari besi struktural) menggunakan dua setengah juta paku  dalam bentuk struktural oleh Maurice Koechelin.

Risiko kecelakaan sangat besar untuk pencakar langit modern yang berbentuk “tak biasa” ini. Menara ini terbuka tanpa struktur tengah, kecuali dua platform. Kehati-hatian Eiffel dalam perencanaan, termasuk penggunaan takal bergerak maupun rel bantu dan layar, membuat tingkat keselamatan tinggi. Tercatat hanya satu pekerja yang meninggal.

Pro-kontra pembangunan Menara Eiffel

Saat dibangun, Menara Eiffel mendapat berbagai kritik dari masyarakat. Masyarakat menganggap bahwa keberadaan menara tersebut mengganggu mata. Bahkan surat kabar harian dipenuhi dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris.

Eiffel memiliki izin mendirikan menara selama 20 tahun, yang berarti harus dibongkar pada tahun 1909, yaitu saat kepemilikannya diserahkan kepada Kota Paris. Kota telah berencana meruntuhkannya (bagian dari peraturan kontes asli untuk merancang menara yang mudah di runtuhkan). Namun, setelah terbukti mendatangkan keuntungan dari segi komunikasi, Menara Eiffel dibiarkan berdiri meskipun surat izin tersebut sudah kadaluwarsa. Sebagai contoh, militer menggunakannya untuk mengatur taksi Paris di garis depan selama Pertempuran Marne Pertama dan menjadi monumen kemenangan pertempuran tersebut.

Menikmati keberadaan Menara Eiffel

Jika diukur, ketinggian Menara Eiffel dari tanah sampai tiang bendera pada tahun 1889 berkisar 312.27 meter. Sejak didirikan, Menara Eiffel tercatat memegang rekor bangunan tertinggi selama 40 tahun.

Saat ini, ketinggian Menara Eiffel 324 meter berikut antenanya. Berbagai perusahaan televisi Perancis memasang antena mereka di puncak Menara Eiffel. Hembusan angin dapat menyebabkan menara ini bergoyang sejauh 6-7 cm dan panas dapat menyebabkan puncak menara menjauh hingga 18 cm dari matahari.

Di bawah kepemilikan Pemerintah Daerah Paris dan pengelolaan perusahaan swasta, "Société Nouvelle de l'Exploitation de la Tour Eiffel", kerangka besi ini direnovasi setiap 7 tahun sekali dan dicat dengan 50 ton cat. Renovasinya digarap olah pekerja yang menguasai olah raga alpinis dan akrobatis.

"Gadis Besi" ini diterangi dengan 352 proyektor 1.000 watts dan berkedip setiap setengah jam pada malam hari dengan 20.000 bola lampu dan 800 lampu disko. Agar terlihat hidup, 4 lampu laser xenon berkekuatan 6.000 watts dibuat berputar secara permanen di puncak menara.

Untuk mencapai bagian atas, Menara Eiffel dilengkapi dengan 1.665 tangga bagi pengunjung yang senang berolah raga. Di samping itu, terdapat 2 buah lift yang naik ke tingkat dua, di mana pengunjung bisa menemukan berbagai toko suvenir.

Di dalam Menara Eiffel, terdapat 2 restoran. Pada tingkat pertama terdapat restoran Altitude 95. Pada lantai kedua terdapat sebuah restoran Gastronomic yang mahal bernama Jules Verne. Di sini, sahabat wisata muslim dapat mencicipi masakan seorang koki profesional kelas dunia, Alain Ducasse. Pemandangan dari restoran ini begitu spektakuler. Melihat kota Paris dari ketinggian sambil menyantap masakan khas Perancis tentu membawa sejuta rasa yang berbeda, terutama bagi turis asing yang belum pernah berkunjung ke sana. 

Nah, demikian sekilas tentang perjalanan Wisata ke Menara Eiffel, Gadis Besi dari Paris. (Ndr/RA)
SalamHaji.com